Jumat, 04 Januari 2013

Cara Melelehkan Cokelat Yang Benar


Perkara melelehkan coklat memang mudah sobat blogger, tapi tahukan sobat bagaimana melelehkan coklat dengan benar, sehingga dapat di pakai untuk menghisasi ataupun sebagai campuran kue yang lain sehingga hasilnya baik. Berikut ini adalah beberapa tips dan langkah untuk membuat coklat coating yang bagus.
  • Potong-potong coklat block. Ukuran coklat yang terlalu besar seringkali membuat proses coating menjadi lama. Dengan memotongna menjadi bagian-bagian kecil atau menerutnya dengan alat serut akan mempermudah proses pelelehan.
  • Pastikan alat dalam kondisi kering. Pastikan wadah untuk melelehkan coklat harus dalam kondisi kering. Karena satu tetes air saja dapat merusak tekstur cokelat yang akan dilelehkan. Demikian juga sendok pengaduk yang digunakan juga harus dalam keadaan kering dan tidak boleh terkena air.
  • Gunakan air panas. Melelehkan cokelat block tidak boleh langsung di atas api panas karena cokelat justru akan menjadi kering dan tidak bisa digunakan.  Cara yang praktis adalah dengan memanaskan air didalam panci besar yang agak melebar. Kemudian masukkan mangkuk/panci yang sudah berisi potongan cokelat block. Aduk cokelat hingga meleleh dan segera angkat jika semua cokelat sudah leleh.
  • Mengaduk Coklat. Pada saat sedang dilelehkan coklat harus selalu diaduk.Selain agar coklat meleleh secara merata dan sempurna juga agar coklat lebih lembut dan mengkilap.
  • Jika Kemasukan air. Jika tanpa sengaja adonan cokelat yang kita buat kemasukan air, tidak perlu panik tambahkan saja sepucuk sendok teh mentega di bagian cokelat yang terkena tetesan air. Kemudian aduk kembali hingga merata.
  • Agar Coklat bisa dilelehkan kembali. Pada saat proses pelelehan kadang ada suatu kepentingan yang mengharusnkan kita meninggalkan coklat yang sudah kita lelehkan. Alhasil perlahan cokelat kembali membeku dan sulit dilelehkan kembali. Jika hal ini terjadi, tambahkan sedikit saja coating fat agar cokelat bisa kembali dilelehkan dan dipakai. Namun coating fat juga tidak boleh digunakan terlalu banyak agar tidak mempengaruhi dan mengubah tekstur cokelat
Sumber: www.vemale.com

1 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman


Close
 
Selvy © 2011 | All Rights Reserved